Kamis, 09 Mei 2013

Dokumentasi Training JFI :”Teknik Marketing yang Efektif” di Hotel Orange, Solo, 23 April 2013

Pada Selasa 23 April 2013 telah dilaksanakan training JFI tentang  :”Teknik Marketing yang Efektif” di Hotel Orange (d/h Hotel Asia), Solo. Pelatihan ini diikuti oleh beberapa BPR yang berasal dari kawasan Solo dan wilayah Jawa Tengah lainnya.
            Modul pelatihan ini menyampaikan 3 lapisan utama untuk teknik marketing atau pemasaran yang efektif di BPR, yaitu 4 Landasan, 5 Pilar dan 5 faktor Pendukung. Salah satu dari 4 unsur landasan yang dimaksudkan adalah perlunya SDM Pemasar selalu menata emosi supaya positif setiap hari. Hal tersebut juga memiliki relevansi dengan pendapat Anthony Robins yang mengatakan :”Emotion creates motion”. Tindakan-tindakan efektif dari Pemasar berawal dari emosi yang positif.
Bagi seorang Pemasar, sebagai salah satu bagian dati 5 Pilar dalam marketing yang efektif, diharuskan semakin menguasai sistematika penjualan, seperti Prospecting, Contacting, Probing, Presenting, dan Follow Up. Untuk mendukung semakin efektifnya seseorang Pemasar menjalankan tugasnya, diperlukan paling tidak 5 faktor pendukung, salah satu diantaranya adalah memiliki kebiasaan yang efektif setiap hari, seperti biasa tampil rapi, memiliki target, proaktif, menjalankan skala prioritas, membangun sinergi, dan lain-lain. Pada awalnya, seseorang Pemasar membentuk Kebiasaan yang efektif, tetapi pada akhirnya kebiasaan yang efektiflah yang menggerakkan atau membentuk seorang Pemasar. Hal tersebut juga memiliki relevansi dengan pendapat Aristoteles, yang menyatakan :”Kita adalah yang kita kerjakan berulang-ulang. Karena itu, keunggulan bukanlah sebuah perbuatan, melainkan sebuah Kebiasaan”. ***
(***Kardi Jfi/Training Leader JFI)