Selasa, 21 Februari 2017

#Menjadi AO BPR yang Membanggakan

Menjadi AO BPR yang Membanggakan
Oleh : Kardi Pakpahan*
            Menjadi Account Officer (AO) atau Pemasar BPR yang membanggakan merupakan hal-hal yang diharapkan oleh setiap insan di BPR.  AO yang membanggakan, pasti  dibanggakan oleh internal BPR, maupun para Nasabah. AO BPR yang membanggakan disamping sangat disenangi di BPR, ia juga dapat secara efektif mendapatkan nasabah, mempertahankan nasabah, melakukan program yang terkait dengan peningkatan kepuasaan nasabah untuk membangun loyalitas nasaabah, meningkatkan nilai nasabah, meningkatkan penjualan produk BPR, menangani masalah tagihan kredit secara efektif dan mampu bekerjasama dalam tim secara baik, yang karenanya dapat meningkatkan kinerja dan daya saing BPR.
Apa saja kriteria AO BPR yang membanggakan ? Dalam bahasa Inggris, kata  “bangga” dikenal dengan sebutan PRIDE. Dari kata “PRIDE” tersebut paling tidak ada 5 karakteristik AO yang membanggakan. Pertama, Persistence atau ketekunan. Selalu kerja keras, yang diiringi dengan ketekunan merupakan ciri khas dari seorang AO yang membanggakan. Rangkaian kegiatan yang dilakukan tidak lepas dari ketekunan, seperti tekun mencari calon nasabah, tekun melakukan penawaran, tekun menjalankan presentasi, tekun menjalankan penagihan, membina  hubungan baik dengan nasabah secara kontinu dan konsisten.
            Kedua, Reliability atau dapat diandalkan. Untuk dapat diandalkan merealisasikan target-target BPR, seorang AO BPR melengkapi diri dengan pengetahuan dan ketrampilan yang mendukung. Diantara hal yang terkait dengan unsur reability, yang karenanya menjadikan AO dapat diandalkan misalnya, adalah memiliki ketrampilan teknik dasar menjual, mampu menjalankan ketrampilan penjualan, mampu memahami STP (Segmentation, Targeting, Posisioning), mampu melakukan analisa kinerja penjualan dan membuat laporannya, mempu mengalisa kredit, mampu membuat proposal kredit, mampu mengenali profil nasabah, dan lain-lain.
      Ketiga, Integrity atau kejujuran atau ketulusan hati.  Kenapa para AO yang membanggakan lebih cepat membangun “trust building” atau lebih cepat dipercaya oleh nasabah ? AO dengan karakteristik seperti itu, memiliki kejujuran atau ketulusan hati yang tinggi.
Keempat,  Disire atau Keinginan. Motivasi atau keinginan untuk melakukan peran atau tugas dari AO yang membanggakan biasanya dipantik dari sisi internal baru dikombinasikan dengan sumber motivasi dari eksternal. Sumber “disire” atau motivasi dari internal itu ditandai dengan kemampuan AO yang menata suasana hati supaya senantiasa positif untuk beraksi dan selalu mau bertanggung jawab walapun tidak ada yang melihat. Sementara motivasi yang berasal dari sisi eksternal misalnya adalah untuk mencapai hal tertentu dan motivasi yang didorong dari rasa takut.
      Kelima, Emphaty atau empati. Kemampuan  dari seorang AO yang membanggakan ditandai dengan kemampuan mereka menjalankan kecerdasan interpersonal pada domain empati, yaitu kemampuan beradaptasi menempatkan diri pada posisi yang dihadapi orang lain, sehingga kualitas pelayanannya benar-benar sepenuh hati atau prima, yang karenanya selalu tampil dengan yang  bergairah atau semangat, progresif, proaktif dan selalu positif.

(*Penulis adalah Trainer/Advokat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar