Kamis, 12 Juli 2012

BPR : Hope is Great Motivation bagi Sang Pemenang


Hope is Great Motivation bagi Sang Pemenang
Oleh : Kardi Jfi
          Diproyeksikan tantangan penyelenggaraan usaha BPR dari waktu ke waktu cenderung semakin besar. Mengingat hal tersebut, salah satu hal utama yang perlu dibangun adalah harapan (hope). Dikatakan demikian, karena harapan adalah induk dari motivasi  (great motivation) untuk menghasilkan kemenangan atau prestasi di segala bidang. Banyak pakar di bidang pengembangan pribadi (personal expanding)  yang menyatakan bahwa hal yang diharapkanlah, yang didapatkan. Jadi, walapun tantangan lingkungan usaha  kian berat, maka setiap insan  sudah seharusnya mengharapkan yang terbaik.
            Untuk menopang hal tersebut diperlukan 3 hal berikut. Pertama, sadari bahwa hidup ini adalah indah. Sebetulnya kalau disadari dari dimensi spritual, hidup ini adalah indah. Tetapi, kadangkala karena berbagai tugas atau kegiatan rutin, keindahan itu menjadi sirna dari pandangan, perasaan, dan pikiran. Memang hidup penuh perjuangan, tetapi landasan yang digunakan tetap haruslah pada keyakinan bahwa hidup ini indah (life is beautiful), supaya hasil perjuangan  nyata dan berkesinambungan. Selami dan rasakanlah keindahan itu. Di depan mata aja, ada perbedaan, ada pria dan wanita. Bayangkan apa jadinya kalau pria semuanya di jagad ini. Betul, perbedaan itu adalah indah. Tentu, masih banyak keindahan lainnya.
            Kedua, tata emosi dan pikiran supaya positif setiap hari. Pondasi untuk melalukan sebuah karya atau usaha adalah emosi dan pikiran. Supaya berhasil dalam berkarya, di bidang apa pun itu, maka tata emosi dan pikiran supaya positif setiap hari. Tak mungkin prestasi dibangun dengan landasan emosi dan/atau pikiran yang negatif. Beginilah bagian dari syair lagu “Jagalah Hati” : BILA HATI KIAN BERSIH PIKIRANPUN AKAN JERNIH; SEMANGAT HIDUP KAN GIGIH PRESTASI MUDAH DIRAIH; NAMUN BILA HATI KERUH, BATIN SELALU GEMURUH; SEAKAN DIKEJAR MUSUH DENGAN ALLAH KITA JAUH”. Robins, sang guru sukses mengatakan :”Emotion create motion”. Tindakan positif berasal dari emosi positif, begitu juga sebaliknya.
            Ketiga, kita dan BPR  kita lahir bersama peluang. Jadi, walapun tantangan usaha semakin besar, tetap di sana ada peluang. Di tengah kesempitan pun, ada kesempatan. Hanya saja, perlu cara lain ATAU cara baru untuk menghadapi peluang itu, dengan cara bekerja keras, bekerja cerdas, belajar cepat, belajar bijak dan belajar cerdas, untuk Keep Getting Better atau menjadi lebih baik di segala kondisi. Dengan begitu, kemenangan dapat digapai, dan sekaligus bisa menjadi Pemenang.
(*Penulis adalah Training Leader pada JFI (JAKARTA FINANCIAL INSTITUTE), Email : jfipusat@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar